Skip to main content

Tugas Ekonomi Mikro dan Makro


LEMBAR KERJA TUGAS MAHASISWA



NAMA                                     : Bella Pretty Tania

NIM                                         : 197110841

DOSEN PENGAMPU            : Apren Halomoan Hutasoit, S.E., M.Si.

MATA KULIAH                     : Ekonomi mikro & makro

ALAT DAN BAHAN :

-          Bahan Kuliah

-          Labtop

-          Internet

-          Buku Teks

SOAL :

1.       Apakah kegiatan perkuliahan yang dilakukan diantara dosen dengan mahasiswa dapat disebut sebagai kegiatan ekonomi. Jelaskan, mengapa demikian?

Jawab :

Kegiatan perkuliahan dapat disebut sebagai kegiatan ekonomi karena para mahasiswa mendapatkan ilmu dari dosen guna untuk mencapai kemakmuran atau kesejahteraan dalam hidup secara umum.



  1. Secara mendasar bahwa teori ekonomi mikro berbeda dengan makro meskipun kedua disiplin ini saling berkaitan, jelaskan mengapa demikian?

Jawab:

Ekonomi mikro merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang variable ekonomi dalam lingkup kecil, seperti perusahaan, perilaku konsumen, permintaan dan penawaran, dan lain sebagainya.

Sedangkan, Ekonomi makro mempelajari variable ekonomi secara menyeluruh, seperti jumlah uang yang beredar, pendapatan nasional, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan lain sebagainya.



  1. Teori ekonomi dapat digunakan sebagai alat untuk membantu pengambilan keputusan, bagaimana pula teori ekonomi mikro,jelaskan?

Jawab:

Pengambilan keputusan merupakan suatu proses manajemen, yang dimulai dengan persiapan dan berakhir dengan pengendalian. Dalam mendapatkan hasil yang baik, suatu keputusan harus mengikuti suatu tahapan yang sistematis dan terkendali.

Dalam ekonomi mikro, dalam mengambil keputusan harus membandingkan variable satu dengan variable lainnya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

  1. Jelaskan perkembangan ekonomi mikro di Indonesia

Jawab:

Perkembangan ekonomi mikro di Indonesia kurang dorongan dari dorongan pemerintah. Usaha pemerintah mendorong ekonomi mikro akan sia-sia jika tidak diikuti kemampuan para pengusaha menjalankan usahanya. Gerak ekonomi mikro sangat dipengaruhi cara para pengusaha menjalankan bisnisnya, perkembangan bisnis pengusaha dan seberapa dinamis usaha yang dilakukan pebisnis.

Jika aktivitas ekonomi di tingkat mikro bergerak cepat maka roda perekonomian makro di Indonesia bakal mengikuti. ISEI melihat pentingnya pertumbuhan tunas-tunas baru dalam dunia usaha atau sector riil.

Semakin banyak pengusaha yang sukse tentu akan mampu menggerakkan sector riil lebih cepat karena posisi pengusaha dalam perekonomian mempunyai peran penting sebagai motor penggerak.



  1. Sebutkan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan?

Jawab:

-          Factor harga barang atau jasa

Factor harga sangat mempengaruhi jumlah permintaan barang atau jasa itu sendiri, apabila harga suatu barang atau jasa naik maka permintaan terhadap barang atau jasa akan turun.

-          Factor pendapatan

Bila pendapatan pembeli meningkat maka permintaan terhadap barang atau jasa cenderung akan bertambah

-          Factor intensitas kebutuhan

Intensitas kebutuhan adalah mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Bila kebutuhan akan barang atau jasa bersifat mendesak maka barang atau jasa tersebut akan mengingkat.

-          Factor selera

Bila selera konsumen pada suatu barang atau jasa sedang naik, permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat.

-          Factor jumlah penduduk

Semakin banyak jumlah penduduk, otomatis yang semakin kecil akan menambah permintaan dan berlaku sebaliknya.

-          Factor perkiraan terhadap harga pada masa yang akan datang

Bila diperkirakan pendapatan akan naik pada masa yang akan datang makan konsumen akan lebih berani menambah permintaannya.

-          Factor harga barang substitusi

Bila harga barang pengganti(substitusi) turun, maka permintaan terhadap barang yang digantikan akan turun, karena orang akan beralih membeli barang pengganti.

-          Factor harga barang komplementer

Bensin adalah barang komplementer bagi sepeda motor. Bila harga bensin naik maka permintaan terhadap sepeda motor akan turun, dan berlaku sebaliknya.

-          Factor promosi

Bila promosi terhadap suatu barang atau jasa dilakukan secara gencar dan menarik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat dan berlaku sebalkinya.



  1. Jelaskan perbedaan diantara teori permintaan dengan kenyataan dengan dewasa ini, dan apakah the law of demand dapat berlaku dalam perkembangan?

Jawab:

Perbedaannya adalah teori permintaan tidak selalu sesuai karena pekembangan zaman, misalnya pada teori permintaan akan berbanding negative antara permintaan dan harga sedangkan kenyataan saat ini permintaan bisa saja beriringan positif dengan harga.

The law of deman tidak berlaku dalam perkembangan karena hokum permintaan berbunyi jika harga naik maka permintaan akan turun dan jika harga turun maka permintaan meningkat, namun pada kenyataanya banyak orang membeli barang dengan harga yang tinggi hanya karena gengsi.



  1. Jelaskan perbedaan pengertian elastisitas penawaran dengan elastisitas permintaan dalam kaitannya dengan kenaikan dan penurunan harga suatu barang dengan menggunakan contoh angka perhitungan

Jawab:

Elastisitas permintaan adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang di minta atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang di minta terhadap perubahan harga barang, sedangkan

Elastisitas penawaran adalah pengaruh perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang ditawarkan atau tingkat kepekaan perubahan jumlah barang yang ditawarkan terhadap perubahan harga barang.

Contoh angka perhitungan:

-          Elastisitas permintaan

Pada saat harga barang Rp 400,00 , jumlah barang yang diminta sebesar 30 unit, kemudian harga turun menjadi Rp 360,00 dan jumlah barang yang di minta naik menjadi 60 unit.

-          Elastisitas penawaran

Pada saat harga barang Rp 400,00 ,jumlah barang yang di tawarkan sebanyak 40 unit namun harga turun menjadi Rp 300,00 jumlah barang yang di tawarkan menjadi 32 unit.



                   8.   Sebutkan beberapa faktor lain yang mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan

Jawab:

Factor-faktor yang memperngaruhi penawaran sebagai berikut:

-          Harga barang itu sendiri

Apabila harga barang mengalami kenaikan maka jumlah barang yang di tawarkan juga akan meningkat

-          Harga barang pengganti

Apabila harga barang pengganti meningkat maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang di tawarkan

-          Biaya produksi

Apabila biaya produksi menginkat maka harga barang yang di produksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit.

-          Kemajuan teknologi

Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan dua efek yaitu produksi dapat ditambah dengan lebih cepat dan biata produksi semakin murah. Dengan demikian keuntungan menjadi bertambah tinggi.

-          Pajak

Pajak merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk dan sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahny harga. Jika suatu barang tersebut menjadi tinggi, akibatnya permintaan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang.

-          Perkiraan harga di masa depan

Perkiraan harga di masa datang sangat mempengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang di tawarkan.


       9.   Apakah pengertian market equilibrium dalam perkembangannya dewasa ini menurut saudara masih dijumpai, berikan penjelasan singkat dengan disertai argumentasi yang tepat

Jawab:
Marker equilibrium adalah kondisi dimana titik harga suatu barang atau jasa terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan degan kurva penawaran yang merupakan hasil kesepakatan di antara pembeli dan penjual, dimana kuantitas barang atau jasa yang di minta dan yang di tawarkan sama besarnya.

Menurut saya market equilibrium masi dapat dijumpai karena tanpa adanya keseimbangan pasar maka harga barang yang diminta dan di tawarkan tidak pernah bertemu yang mengakibatkan perputaran harga tidak terjadi sehingga dapat memberi dampak yang negatif terhadap pasar.

            10. Carilah nilai keseimbangan pasar berdasarkan fungsi permintaan dan penawaran berikut     dengan disertai grafik: Qd = 15 – 0,15P dan Qs= 10 + 0,10P

Jawab:





Qd = Qs                                   Qd = 15 – 0,15P             

15 – 0,15P = 10 + 0,10P          Qd = 15 – 0,15(20)       

15 – 10 = 0,10P + 0,15P          Qd = 15 – 3                 

5 = 0,25P                                 Qd = 12                        

5/0,25 = P

20 = P








       11.   Konsep the law of diminishing marginal utility dalam perkembangannya dijumpai pula pada               dunia nyata, berikan penjelasan seperlunya dengan disertai contoh perhitungan guna                             menggunakan argumentasi

Jawab:

The law of diminishing marginal utility adalah sebuah konsep dimana setiap penambahan barang yang sama dan sejenis akan memberikan tambahan kepuasan yang di peroleh dari penggunaan barang tersebut dimana penambahan kepuasan tersebut akan terus menurun nilainya.

Contoh sederhana:

Jika seseorang sedang memakan ramen, dan untuk mangkuk ramen pertama yang saya habiskan saya akan merasa sangat puas. Kemudian saya diberikan satu mangkuk ramen lagi maka saya akan merasa puas, karena perut sudah kenyang dan tidak ada nafsu makan lagi, saat ada yang memberi saya satu mangkuk ramen lagi maka saya akan merasa tidak puas.

Contoh yang sedikit berbeda:

Jika ada 2 orang yang berteman, berinisial a dan b. a sangat suka sekali dengan buah manggis dan dia memiliki buah durian sebanyak 8 buah dan mau membeli buah manggis sebanyak durian yang dia miliki. Demikian dengan b, b memiliki 8 buah manggis . b sangat suka memakan durian dan dia ingin membeli buah durian sebanyak buah manggis yang dia miliki. Karena terjadi market equilibrium maka keduanya pun menukar buah mereka dengan rasio 1 : 1.

Dan misalkan a memiliki 10 durian dan b memiliki 5 buah manggis. Maka, sesuai dengan mekanisme penentuan harga yang di dasari dengan hukum permintaan dan penawaran makan dapat di pastikan pertukaran akan terjadi dengan rasio 2:1. Karena bagi a durian tidak ada nilainya. Jadi b hanya mau menukar buah manggisnya dengan rasio 2:1 karena mengetahui a memiliki 10 buah durian.




Comments

Popular posts from this blog

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Hai.... Kali ini aku akan membahas tentang kesehatan mata 7 cara menjaga agar mata tetap sehat: 1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran 2. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer 3. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam 4. Kenakan kacamata disaat yang tepat 5. Jangan membaca dalam cahaya redup 6. Gunakan kaca mata hitam 7. Hindari mengucek mata  Sebagai cara menjaga mata anda adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat bernutrisi, terutama yang mengandung: Omega 3 Vitamin A Vitamin C  Vitamin E Zinc    Makanan yang mengandung Omega 3   1. Ikan Halibut (0.9 gr / 100 gram 2. Ikan Sarden (1,6 gr/100 gram) 3. Tiram (100 gram / 300 gram) 4. Ikan Salmon (1,9 gram / 75 gram) 5. Telur 6. Margarin 7. Susu Makanan yang mengandung Vitamin A Akibat kekurangan Vitamin A cukup berbahaya bagi mata dan organ kesehatan tubuh lainnya, berikut adalah makanan yang dapat anda konsumsi untuk sumber vitamin A harian anda. Daging

Tips Menghilangkan Jerawat

Hai guys welcome to my blog! Bagi kalian para cewek dan cowok pasti kalian merasakan tumbuhnya jerawat. ya itu sangat menyebalkan dan menganggu. dan aku akan membagikan tips-tipsnya 8 bahan menghilangkan jerawat secara alami: 1. Masker Alpukat dan Madu 2. Baking Soda 3. Lemon 4. Kulit Jeruk 5. Putih Telur 6. Lidah Buaya 7. Es Batu 8. Cuka Sari Apel Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami tanpa perlu merogoh kocek dalam. Bahan alami lebih aman digunakan dibanding dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Meskipun bahan kimia memang bisa mengatasi jerawat secara cepat akan tetapi obat-obatan kimia tersebut dapat menimbulkan efek samping jika digunakan secara terus menerus. Penggunaan bahan alami untuk mengatasi jerawat memerlukan kesabaran dan ketekunan. Oleh karena itu, gunakan bahan alami secara rutin dan disiplin untuk memperoleh hasil yang diinginkan. Semoga Bemanfaat ya guys!